Hikmah Dibalik Kekalahan Timnas Indonesia U-19 atas Timnas Jepang U-19

31 Mar by Ladawn

Hikmah Dibalik Kekalahan Timnas Indonesia U-19 atas Timnas Jepang U-19

Pada akhir bulan Maret kemarin, timnas Indonesia U-19 melangsungkan laga ujicoba kontra Timnas Jepang U-19. Laga itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (25/3/2018). Meski bermain didepan pendukung setia timnas Garuda, Egy Maulana Vikri dkk harus mereguk kekalahan di laga tersebut dengan skor 1-4 dari para penggawa Samurai muda. Meski menerima kekalahan dan hanya berstatus laga ujicoba, banyak hal yang bisa dipelajari dari laga tersebut. Selain soal pengembangan pemain muda, ada banyak hal lainnya yang perlu dilihat agar timnas Indonesia U-19 dapat berkembang lebih baik kedepannya sehingga, hal ini memang menjadi elemen penting yang perlu dilihat oleh banyak orang terutama bagi timnas Indonesia U-19.

Jalannya pertandingan

Di awal laga, para penggawa Garuda muda sejatinya mampu menekan timnas Jepang U-19 di laga tersebut. Sayangnya, para penggawa Garuda melupakan baris pertahananya sehingga, mereka sudah harus kebobolan kala laga baru berjalan di menit ke-16. Tendangan mendatar yang dilepaskan oleh Miyashiro Taise mampu membawa timnas Jepang U-19 unggul lebih dulu di laga tersebut. Gol tersebut membuat para penggawa Jepang bersemangat untuk menambah keunggulan. Beruntung, belum ada gol yang terjadi hingga babak pertama usai. Di babak kedua, pemandangan yang sama masih terjadi kala timnas Indonesia U-19 harus bertahan dalam menahan gempuran yang dilepaskan oleh para penggawa Samurai muda di laga tersebut.

gol 1

Ketika babak kedua baru berjalan 3 menit, Yamada Kota sudah berhasil menggandakan keunggulan bagi Jepang lewat gol yang ia cetak. 1 menit berselang, Ando Mizuki dapat menambah keunggulan Jepang lewat gol yang ia cetak dari tendangan keras yang ia lancarkan. Dari tendangan penalti, Mizuki berhasil kembali mencatatkan namanya di papan skor. Sebagai gol hiburan, Indonesia mampu mencetak gol hiburan lewat Aji Kusuma yang terjadi kala laga akan berakhir. Hingga pertandingan berakhir, skor 4-1 tetap tak berubah sehingga, Indonesia harus menelan kekalahan dalam laga ujicoba ini atas timnas Jepang U-19 di laga tersebut.

Pelajaran yang bisa diambil dari kekalahan atas Timnas Jepang U-19

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lihat dari kekalahan timnas Indonesia U-19 atas Timnas Jepang U-19. Jika dilihat, kualitas para pemain sebenarnya tidak terlalu jauh dengan para penggawa Jepang karena, timnas Indonesia terlihat bermain dengan baik dan mampu menekan timnas Jepang pada menit-menit awal. Sayangnya, kekompakan serta kewaspadaan timnas Indonesia masih kurang dibandingkan timnas Jepang. Dengan mudah, para penggawa Jepang mampu melakukan penetrasi kedalam daerah pertahanan timnas Indonesia sehingga, Jepang mampu mencetak 4 gol dengan mudah. Meski hanya berstatus laga ujicoba, hal ini memang perlu dipertimbangkan mengingat, para penggawa Indonesia perlu belajar banyak dari hal itu.

Timnas Indonesia

Bukan hanya itu saja, faktor penting lainnya yang perlu kita lihat adalah masalah mental yang masih menjadi masalah utama yang dihadapi oleh para penggawa Indonesia di laga tersebut. Ketika kebobolan, para penggawa Indonesia terlihat kebingungan dan kesulitan dalam menghadapi tekanan yang dilepaskan oleh timnas Jepang sehingga, Egy Maulana Vikri harus menelan kebobolan sebanyak 3 gol lagi. Tentunya, hal ini memang menjadi sebuah masalah besar yang mengakibatkan banyak orang tentunya harus melihat kekalahan yang diderita oleh timnas Indonesia U-19 di laga ini. Untuk itu, hal ini diharapkan bisa menjadi pelajaran berharga bagi para penggawa timnas Indonesia agar bisa bermain lebih baik kedepannya.

 

Spread the love